Housekeeping department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh
kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai
fasilitas hotel.
Pengertian menurut (Djohan, T.M. 1993) Housekeeping adalah salah satu
bagian yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan,
kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh areal umum lainnya
agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel.
Struktur Organisasi Housekeeping
Department
Housekeeping terbagi atas beberapa seksi
antara lain :
- Floor
Section
- Public
Area Section\
- Linen/uniform
Section
- Laundry
section
a. Valet
b. Washer
c.
Presser
d. Marker
e.
Checker
- Gardener
section
- Florist
section
- Recreation
/ swimmimg pool section
Hubungan
kerja antara Housekeeping dengan departement yang lainnya:
1. Hubungan
housekeeping dengan Front Office
a. Laporan
status kamar (room report)
b. Laporan
mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
c. Laporan
mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah
tamu berangkat/check out.
d. Front
office member informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera
masuk/check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu
tersebut.
2. Hubungan
Housekeeping dengan binatu (Laundry)
a. Menangani
masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen
yang dipakai oleh bagian HK.
b. Penanganan
keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih,cucian bernoda, cucian
hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
c. Penanganan
keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik
mati, kerusakan mesin dan lain-lain.
d. Hubungan
housekeeping dengan bagian pembelian (Purchasing)
e. Menangani
pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK. Barang
tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih,perlengkapan tamu,
linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti
formulir-formulir.
f. Hubungan
Housekeeping dengan bagian Engineering
g. Perbaikan
dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.
h. Perbaikan
perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
3. Hubungan
Housekeeping dan Security
a. Pengawasan
oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy
dan kantor HK.
b. Keamanan
barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
4. Hubungan
Housekeeping dengan Food & Beverage
a. Pelayanan
room service kepada tamu.
b. Pengiriman
karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP
5. Hubungan
Housekeeping dengan bagian Personalia
a. Pengadaan
tenaga kerja
b. Pengangkatan
pegawai
c. Pelatihan
pegawai
d. Pemutusan
hubungan kerja
e. Cuti
karyawan
f. Surat
peringatan untuk pegawai
g. Pembayaran
gaji dan lembur pegawai
No comments:
Post a Comment