Personalia Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima
dan menempatkan karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi
karyawan.
Berikut adalah Struktur Organisasi untuk Departemen
HRD
Berdasarkan
Struktur Organisasi masing-masing posisi memiliki tugas dan tanggung jawab.
Maka Job Deskripsi nya adalah
HRD ( Human Resources of
Development ) Manager
HRD (Human
Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan
lingkup pekerjaan yaitu :
- Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan
pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam hal perencanaan, pelaksanaan
dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya
dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di
perusahaan.
- Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan
dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government & industrial serta
mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra perusahaan.
Sedangkan
uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah sebagai
berikut:
- Menyusun, merencanakan, mengawasi dan
mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif dan efisien serta
bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
- Bertanggung jawab terhadap perencanaan,
pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah tenaga kerja yang
dibutuhkan oleh perusahaan.
- Melaksanakan seleksi, promosi, transfering,
demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
- Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan,
pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengembangan mental,
keterampilan dan pengetahuan karyawan sesuain dengan standard
perusahaan.
- Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang
berhubungan dengan rekapitulasi absensi karyawan,perhitungan gaji,
tunjangan dan bonus.
HRD ( Human Resources of Development )
Recruitment
Tugas Pokok
dan Tanggung Jawab:
- Bertanggung jawab dalam membantu dan melaporkan
kepada HRD (Human Resources Of Development) Managerdalam
bidang hiring & firing tenaga kerja.
- Menyusun prosedur seleksi recruitment karyawan
baru.
- Melakukan koordinasi ke departemen lain untuk
mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap tahun dan membuat status
data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing divisi.
- Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir
lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan
calon karyawan yang sesuai.
- Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes
psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal interview lanjutan
(user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik
sesuai rencana.
- Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak kerja
karyawan serta mengupdate masa berlakunya kontrak kerja.
- Menginput data karyawan dan ke sistem agar semua
terdata dengan baik
- Membuat laporan rekapitulasi mutasi, promosi dan
status karyawan (tambahan anak, menikah, berhenti).
General Affair Supervisor
Tugas Pokok
dan Tanggung Jawab:
- Mendukung seluruh kegiatan operasional kantor
dengan melakukan proses pengadaan seluruh peralatan kebutuhan kerja
(seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst), maupun sarana atau
fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan operasional, office boy,
satpam, operator telpon, dst.) dengan cepat, akurat/berkualitas serta
sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
- Melakukan analisa kebutuhan anggaran atas
pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan sarana penunjang
aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan dan
manajemen perusahaan untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas
pemeliharaan atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan
proses penggantian atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
- Membina hubungan dengan para vendor atau supplier
barang dan jasa fasilitas/prasarana kantor serta membantu dalam menangani
komplain atas vendor/supplier termasuk tindak lanjut atas penanganan nota
pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan pihak terkait.
- Membuat, menjalankan dan mengembangkan sistem
kerja/prosedur atas pengadaan dan pemeliharaan fasilitas penunjang kerja.
- Melakukan survei tingkat kepuasaan atas pelayanan
yang diberikan kepada seluruh karyawan/unit dalam perusahaan untuk tujuan
peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan kecepatan pelayanan yang
diberikan.
- Menyiapkan laporan bulanan untuk keperluan rapat
anggaran, laporan keuangan atas aset dan beban biaya kantor.
Non Material Warehouse Staff
Tugas Pokok
dan Tanggung jawab:
- Melakukan kontrol stock barang-barang
keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan, dsb.
- Bertangung jawab atas keluar masuknya barang-
barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat Kebersihan, dan
barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun luar
kantor.
Compensation and Benefit Supervisor
Tugas Pokok
dan Tanggung jawab:
- Menganalisis dan mengembangkan sistem remunerasi
di perusahaan sebagai rekomendasi untuk meningkatkan motivasi karyawan dan
mendukung pencapaian target kinerja perusahaan.
- Memaintain dan memverifikasi data / pencatatan
kehadiran pekerja, Surat Perintah Kerja Lembur, shift, cuti, training,
dinas dan medical sehingga dapat dipakai sebagai dasar yang benar dalam
membayarkan kompensasi dan benefit (salary, allowance, incentive,
iuran pensiun/asuransi)
- Melakukan proses payroll berdasarkan data yang
benar sehingga pembayaran gaji dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
dan tepat waktu
- Memverifikasi expense report yang
diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti, medical,
training, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
- Memproses administrasi perjalanan dinas didalam
dan diluar negeri (reservation, advance, formalitas), sehingga perjalanan
dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
- Memaintain fasilitas perusahaan (perumahan,
kendaraan, telepon, komputer) sesuai dengan policy dalam
rangka program retensi dan peningkatan produktivitas pekerja
- Menyelenggarakan administrasi pensiun / asuransi
/ pajak dan pengakhiran pekerja sesuai dengan ketentuan, agar setiap
proses pembayaran dilaksanakan dengan benar & tepat waktu.
Payroll Staff
Uraian tugas
:
- Melakukan proses pengambilan cuti tahunan dan
mempersiapkan laporan-laporannya.
- Melakukan proses pengambilan “Day Off
Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift karyawan.
- Melakukan perhitungan “meal coupon”
karyawan.
- Membantu HRD (Human Resources of Development) Administrator dalam
pengarsipan dan pembuatan surat-surat.
Welfare Staff
- Mengajukan dana untuk penggantian obat rawat
jalan setiap 2 kali seminggu, bagi karyawan yang telah menyampaikan resep
pengobatan dari dokter.
- Membuat laporan dana iuran Pensiun / astek setiap
bulan.
- Memeriksa dan mendata ijin sakit karyawan.
- Mengurus administrasi ke asuransi / rumah sakit.
Trainning & Development Supervisor
- Melakukan proses trainning new comer.
- Melakukan proses trainning motivasi kepada
seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
- Melakukan proses trainning sesuai dengan
masing-masing departemen.
- Menyiapkan segala administrasi yang berhubungan
dengan trainning.
- Mendata karyawan yang butuh trainning khusus.
- Membuat laporan rekapitulasi pelaksanaan training
dan evaluasi pelaksanaan untuk dikirimkan ke direksi.
No comments:
Post a Comment